Inilah Unsur Seni Rupa Yang Memberikan Pesona Keindahan

unsur seni rupa

Unsur seni rupa adalah bagian yang harus ada agar bisa membentuk kesatuan karya seni yang indah. Beberapa unsur ini harus terpenuhi untuk mencapai prinsip komposisi yang terdiri dari keseimbangan, keselarasan, kesatuan dan vocal point yang nantinya akan menjadi salah satu ciri khas atau daya tarik dari sebuah karya seni.

Secara umum, unsur seni rupa terdiri dari beberapa bagian misalnya garis, bentuk, testur, warna dan lain sebagainya. Semua unsur tersebut akan berpadu menjadi satu dalam sebuah karya seni yang akan mempengaruhi hasilnya. Untuk lebih jelas mengenai pengertian dan peranan setiap unsur pada seni rupa secara lebih detail, berikut penjelasannya.

Warna

unsur warna
thoughtco.com

Unsur seni rupa yang dianggap paling penting adalah warna. Dengan adanya unsur warna, maka sebuah karya seni akan terlihat lebih ekspresif dan juga nyata. Warna merupakan kesan yang diciptakan karena terjadinya pantulan cahaya dengan mata. Setiap pembuat karya seni akan memiliki ciri khasnya masing-masing yang akan ditonjolkan dari pemilihan warna pada karyanya.

Dalam teorinya, terdapat 7 spektrum warna pada lingkaran warna yang bisa berubah jika terbias oleh cahaya matahari atau dicampur. Pada ilmu seni rupa, terdapat pigmen yang merupakan pengelompokkan warna berdasarkan jenis tertentu. Untuk lebih jelasnya, simaklah pembagian kelompok warna di bawah ini.

  1. Warna tersier
    Kategori warna tersier dihasilkan dari proses pencampuran warna sekunder dan juga primer. Contohnya adalah warna kuning kehijauan yang merupakan pencampuran warna primer kuning dengan warna sekunder hijau.
  2. Warna komplementer
    Warna dalam kategori komplementer yakni jenis warna kontras yang memiliki letak saling berseberangan pada lingkaran warna, contohnya merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan lain sebagainya.
  3. Warna sekunder
    Warna sekunder merupakan kategori warna yang dihasilkan dari proses pencampuran dua warna dasar dengan menggunakan takaran tertentu. Contoh warna sekunder adalah ungu, hijau dan orange.
  4. Warna primer
    Ini merupakan kategori warna dasar yang tidak dapat diciptakan dari percampuran warna lain. Namun kategori warna ini bisa dijadikan sebagai warna pokok yang bisa dicampurkan untuk menghasilkan warna yang berbeda. Contohnya adalah kuning, merah biru.
  5. Warna analogus
    Warna yang termasuk dalam kategori analogus adalah warna yang letaknya berdekatan satu dengan yang lainnya pada lingkaran warna misalnya saja orange kemerah-merahan atau kuning kehijau-hijauan dan lain sebagainya.

Titik

us.123rf.com

Titik menjadi dasar yang paling utama untuk memulai gagasan sebuah karya seni. Melalui unsur seni rupa inilah sebuah gagasan akhirnya muncul dan terbentuklah garis, bentuk dan bidang. Dalam teknik melukis, terdapat istilah yang sering digunakan yaitu Pointilisme.

Teknik ini menggunakan kombinasi ukuran dan warna titik yang beragam untuk membuat karya seni. Titik direpresentasikan pada dimensi 1 dan merupakan unsur yang paling terkecil dari sebuah karya seni. Namun dari unsur titik, akhirnya sebuah karya seni akan tercipta.

Gelap Terang

unsur seni rupa gelap terang
pinterest.com

Unsur gelap terang ini ditentukan dari intensitas cahaya yang menyinari sebuah objek. Semakin banyan intensitas cahaya yang menerangi objek, maka akan terlihat lebih terang. Namun jika intesitas cahaya sedikit, maka akan gelap.

Dalam karya 2D, unsur gelap terang ini dibuat berdasarkan pemilihan warna dan juga gradiensi. Gelap terang akan memberikan kesan tersendiri untuk sebuah karya seni, untuk itu unsur ini bisa dimanfaatkan untuk menampilkan karya seni yang lebih menarik dan terlihat indah.

Bidang

unsur bidang
pintarbahasainggris.com

Bidang dikatakan sebagai unsur seni rupa yang merupakan hasil evolusi dari garis yang digambar untuk membatasi sebuah bentuk. Hal ini menciptakan bidang yang memiliki sisi panjang dan lebar. Komponen ini jugalah yang membuat bidang memiliki ukuran tertentu. Bidang terbentuk dari sekumpulan garis yang digabungkan.

Bidang merupakan komponen awal yang dijadikan sebagai konsep untuk terciptanya sebuah karya seni. Beberapa contoh bidang yang biasa digunakan adalah segitiga, trapesium, lingkaran, persegi panjang dan lain sebagainya.

Tekstur

unsur seni rupa tekstur
pinterest.com

Tekstur merupakan keadaan suatu permukaan pada benda tertentu. Tekstur bisa bersifat nyata maupun semu. Jika memiliki sifat semu maka hanya bisa dilihat saja, sedangkan nyata bisa dirasakan oleh panca indra. Terdapat beberapa kategori tekstur yang biasanya digunakan seperti licin, lembut, kasar maupun lunak.

Tekstur dikategorikan sebagai unsur seni berbentuk 3D. Setiap karya seni memancarkan tekstur yang berbeda tergantung dari sifatnya. Hal ini bisa dijadikan sebagai ciri khas untuk membedakan sebuah objek dengan yang lainnya.

Ruang

unsur seni rupa ruang
www.proprofs.com

Ruang bisa didefinisikan sebagai penggabungan beberapa bidang atau kumpulan dimensi berupa tinggi, panjang dan lebar. Ilusi yang diciptakan dari hasil pengolahan bidang, garis serta warna mampu menciptakan bayangan perspektif dan juga kontras gelap dan terang. Ruang meliputi bidang yang mengandung unsur keluasan.

Dalam seni rupa, terdapat dua sifat ruang yang diciptakan yaitu nyata dan semu. Dalam karya berbentuk 2D, ruang memiliki sifat semua saja karena hanya disajikan melalui gambar saja. Sedangkan karya seni 3D memiliki sifat ruang yang nyata sehingga bisa dirasakan secara langsung. Hal ini membuat karya seni menjadi lebih hidup dan bisa dinikmati dengan maksimal.

Garis Sebagai Unsur Seni Rupa

unsur seni rupa garis

Garis merupakan unsur dalam seni rupa yang termasuk dalam kategori 2D. Garis merupakan unsur yang awalnya terbentuk dari sebuah titik yang sejajar. Pada dasarnya, garis akan berbentuk lurus dan memiliki arah. Bentuk garis yang biasanya sering digunakan adalah horizontal maupun vertikal. Bentuknya pun ada yang panjang dan pendek.

Garis menentukan batas limit sebuah ruang dalam sebuah karya seni. Garis memiliki beberapa model seperti lulus, putus-putus, tebal dan lain sebagainya. Macam-macam garis ini memberikan kesan yang berbeda pada setiap sentuhannya. Pemilihan motif garis ditentukan dari karakter atau tema karya seni itu sendiri.

Kesan yang bisa ditampilkan dari unsur garis adalah lentur, kaku, simple, keras megah, kuat dan lain sebagainya. Meski terlihat cukup sederhana, namun unsur seni yang satu ini memiliki peranan yang cukup besar untuk sebuah karya.

Bentuk Unsur Seni Rupa

unsur seni rupa bentuk
courses.lumenlearning.com

Bentuk merupakan gambaran dari sebuah objek yang digambarkan secara nyata, beberapa bentuk yang biasa digunakan adalah kotak, bulat dan lain sebagainya. Bentuk dikategorikan sebagai unsur seni 3D yang memiliki lebar, tinggi dan panjang. Bentuk memberikan sentuhan yang detail dan sempurna untuk karya seni agar terlihat lebih indah.

Unsur seni yang satu ini membuat sebuah objek karya seni terlihat hidup dan bisa diamati secara keseluruhan. Bentuk terdiri dari perpaduan bidang yang disusun dengan sesuai. Bentuk sendiri terbagi atas dua jenis, yaitu bentuk geometris dan bentuk non-geometris. Contoh bentuk geometris adalah kubus, balok dan tabung. Sedangkan non-geometris adalah hewan, manusia dan alam.

Setiap unsur seni rupa memiliki peranan yang berbeda untuk memancarkan aura seni dari sebuah karya. Hal inilah yang membuat sebuah karya seni bisa memiliki jiwa dan daya tariknya tersendiri. Untuk itu setiap komponen harus ada pada setiap karya seni guna mendukung terbentuknya kesan yang menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *