Ucapan Belasungkawa Islami Turut Berduka Cita

ucapan belasungkawa islami

Ucapan belasungkawa merupakan suatu hal yang dianjurkan kepada semua umat beragama, termasuk islam. Hal itu merupakan salah satu bentuk kepedulian.

Selain itu ucapan belasungkawa juga bisa mengurangi kesedihan bagi keluarga, kerabat atau orang terdekat yang sedang dalam duka maupun musibah.

Agama islam adalah agama yang indah, yang mengurus segala aspek kehidupan. Islam juga mengajarkan bagaimana berkasih sayang kepada sesama manusia, saling tolong-menolong dan saling peduli.

Semua manusia memang akan diuji sesuai kemampuan masing-masing dan juga dengan ujian yang berbeda-beda. Namun ketahuilah bahwa Allah tidaklah akan menguji hambanya melebihi batas kemampuannya.

Di saat orang terdekat kita mengalami ujian maupun terkena musibah maka sudah seharusnya kita memberikan dukungan yang bernilai positif sekaligus mendoakan kebaikan untuknya. Agar orang terdekat kita tidak merasakan kesedihan yang mendalam dan berlarut-larut dalam keterpurukan.

Dukungan dari orang terdekat itu sangatlah dibutuhkan untuk menguatkan hatinya dan mengokohkan jiwanya yang patah. Saat orang terdekat kita mendapat musibah, ingatkan bahwa segala sesuatunya memanglah milik Allah yang sewaktu-waktu bisa diambil kapanpun Allah mau. 

Berikut ini kami kumpulkan beberapa ucapan belasungkawa yang bisa kamu berikan pada orang terdekatmu yang sedang berduka. 

Baca Juga: Doa Penenang Hati Saat Sedih Keluarga Meninggal

Kamu bisa memberikan ucapan belasungkawa ini pada keluargamu, sahabat atau teman, tetangga maupun gurumu. Semoga bermanfaat ya… 

Ucapan Belasungkawa Islami

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita. Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosanya dan menerima segala amal baik almarhum.

Semua yang bernyawa pasti akan merasakan mati, cepat ataupun lambat. Ikhlaskan kepergiannya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.

Related Article: Cerita Lucu untuk Menghibur Hati yang Sedih

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Saya turut berduka atas kepergian almarhum. Semoga Allah ampuni segala dosa-dosanya dan Allah kumpulkan dengan orang-orang yang shalih. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan kelapangan dada untuk menerima semua takdir yang Allah tetapkan.

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Saya dan keluarga turut berbela sungkaawa atas kematian almarhum. Semoga Allah menerima segala amal kebaikan yang telah dikerjakan almarhum selama di dunia dan semoga Allah memberikan tempat yang indah bertaman syurga. Aamiiin…

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya. Aku turut merasakan kesedihan yang mendalam atas kepergiannya.

Rizki, jodoh dan umur sudah ditetapkan Allah, mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman. Aamiin…

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Saya sekeluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah kumpulkan beliau bersama orang-orang yang beriman, mengampuni segala kesalahannya selama di dunia dan semoga kita semua kelak berkumpul di jannah. Aamiin allahumma aamiin…

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kami turut berduka cita atas kepergian almarhum, semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan.

Semua yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Semua yang hidup pasti akan kembali kepada sang penciptanya. Sejatinya kita semua hanya menunggu giliran, maka ikhlaskan kepergian Almarhum. Semoga Allah mengampuni segala dosa selama hidupnya dan menerima segala amal shalihnya.

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kematian adalah hal yang ditunggu bagi orang mukmin. Sebab dengan kematian, Ia menghadap Tuhannya. Semoga dilapangkan nikmat kuburnya dan diringankan siksa kuburnya.

Semoga Allah merahmatimu dan menambah ketabahan dalam hatimu. Ikhlaskan dengan lapang dada, semoga Almarhum diterima sang pencipta.

Ucapan Belasungkawa Singkat

Saya turut berduka cita atas meninggalnya Ibumu, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan kesabaran.

Segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah, kita harus menerimanya dengan lapang dada.

Saya turut berduka cita atas meninggalnya kakekmu, semoga khusnul khotimah.

Semua sudah dalam rencana Allah, sebaik apapun kita merencanakan. Semoga almarhum tenang di alam sana.

Semua orang merasa kehilangan atas kepergiannya dan kita semua pasti merindukannya, kita doakan yang terbaik untuknya.

Saya turut merasakan duka atas ujian yang menimpamu, semoga Allah memberimu kekuatan iman dan islam.

Bersabarlah dan ikhlaskan kepergiannya, kita doakan yang terbaik untuk almarhumah semoga diberi tempat yang baik di hadapan Allah.

Saya dan keluarga turut berduka cita atas musibah yang menimpamu, selalu ada hikmah di balik semuanya. Semoga Allah menambahkan ketabahan padamu.

Saya kesekeluarga turut merasa berduka cita atas kematian almarhum, Beliau orang yang baik. Insya Allah syurga tempatnya.

Saya turut berduka cita atas meninggalnya almarhum.
Semoga Allah tempatkan di tempat yang layak.

Tiada yang mampu aku lakukan selain mendoakan kebaikan untukmu. Selamat jalan, semoga husnul khotimah.

Saya merasa terpukul atas kepergianmu, Ya Rabb.. rizki, jodoh dan mati sudah engkau gariskan. Maka tak ada lagi yang bisa kita lakukan selain menerimanya dengan hati yang lapang. Semoga engkau tenang disana.

Semua ada hikmah dibalik kejadian ini, saya dan keluarga turut berduka cita atas kematian almarhum adikmu. Semoga Allah mengumpulkannya dengan orang-orang yang beriman. 

Semua orang sudah digariskan rizkinya selama di dunia. Kini telah habis rizkinya hingga Ia dipanggil Allah untuk kembali. Semoga almarhum mendapatkan pengampunan dan tempat yang layak di hadapan Allah.

Ucapan Duka Cita Bahasa Arab

أحسن اللٰهُ عَزَاكَ ,وَجَبَرَ مُصَابَكَ، وَغَفَرَ لِمَيِّتَكَ وَرَحِمَه وَخَلَفَهُ فِيۡ عَقَبِهِ بِخَيۡرٍ

Ahsanallahu ‘azaaka, wa jabaro mushobaka, wa ghofaro limayyitaka wa rahimahu wa kholafahu fii ‘aqibihi bikhoirin.

Artinya : Semoga Allah memberimu pelipur lara, memberi kebaikan atas musibahmu, mengampuni mayyit (orang yang meninggal), melimpahkan rahmatnya serta menggantikan dengan sesuatu yang lebih baik.
Semoga Allah memberimu dan keluargamu kelapangan hati dan kesabaran.

 اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاكَ وَرَحِمَ مَيِّتَكَ.

Allahu Ajroka wa ahsana ‘azaaka wa rohima mayyitaka.

Artinya: “Semoga Allah memberimu pahala yang berlipat, memberimu pelipur lara nan baik dan semoga Allah  memberikan rahmat pada si mayyit ( Orang yang meninggal).
Semoga diberi kekuatan keluarga yang ditinggalkan.

إِنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ، وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى

.فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ

Inna lillahi maa akhodza, walahu maa a’atho wa kullu syai in ‘indahu bi ajalim musammaa…. faltashbir waltahsib.

Artinya : Sesungguhnya milik Allah segala sesuatu apa yang diambil dan juga baginta apa yang diberikan.

إِنَ فِي اللٰهِ عَزَاءً مِنۡ كُلِّ فَائِتٍ، وَخَلۡفًا مِنۡ كُلِّ هَالِكٍ، فَبِاللّٰهِ تَقۡوًا وَإِيَاهُ فارجوا فَإِنَّ المُصَابَ مِنۡ حَرَمٍ الثواب

Inna fillahi ‘azaa an min kula faa’itin, wa kholfam min kulli haaliki, fabillahi taqwan waiyaahu faarijuu fainnal mushooba min haromil tsawaab.

Artinya: “Sesungguhnya Allah akan memberi pelipur lara untuk segala yang telah hilang dan memberi ganti bagi segala yang musnah, maka pada Allah engkau bertakwa, kembalilah pada Allah karena sesungguhnya orang yang tertimpa musibah bisa terhalangi oleh pahala.

رَحِمَكَ اللهُ وَآجَرَكَ 

Artinya: “Semoga Allah merahmatimu dan memberikanmu pahala. ( HR. Tirmidzi )

Ucapan Duka Cita Untuk Tetangga

Kehilangan seseorang untuk selama-lamanya memang membuatmu terpukul, namun tak ada jalan lain kecuali mengikhlaskannya. Semoga Allah memberi tempat yang baik disisinya.

Saudariku bersabarlah, aku tahu dan merasakan betapa perihnya dirimu. Namun kini tiada jalan lain kecuali mengikhlaskan kepergiannya. Memang segalanya terasa berat, namun tak pantas juga rasanya jika kita berlarut-larut dalam kesedihan. Perbanyaklah doa untuk mengiringi kepergiannya, itulah yang terbaik yang dibutuhkannya.

Saudariku bersabarlah atas ketetapan yang Allah takdirkan. Semoga Allah menerima almarhum ( sebutkan namanya ). Ayahmu orang baik, Insya Allah taman-taman syurga menantinya.

Banyaknya tetes air matamu tak akan mampu mengembalikan Ia di dunia ini. Sabarlah nak.. semoga ayahmu bahagia disana diampunkan segala dosa-dosanya selama di dunia yang fana ini.

Kematian bukanlah akhir dari segala kehidupan, tapi justru awal dari kehidupan yang baru nan abadi. Perpisahanmu dengan almarhum ( sebutkan nama ) di dunia ini hanya sementara. Semoga kelak kalian akan bertemu di jannah.

Kami sekeluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum ( sebutkan namanya ). Selama mengenal ibumu, hidup berdampingan dengan ibumu. Beliau orang yang baik dan sangat peduli dengan orang lain. Semoga Allah menerima semua amal baiknya. Aamiin

Ikhlaskan yang telah pergi dan hargai yang masih ada didekatmu. Dunia ini hanya tempat ujian. Apa yang sebenarnya kita miliki semua hanyalah titipan dan semua titipan akan Allah ambil kapanpun Ia mau. Jangan berlarut-larut dalam tangis, ikhlaskanlah doakan segala kebaikan untuknya agar beliau tenang disana.

Segala sesuatu sudah diatur Allah, tugas kita sebagai seorang hamba hanya bertawakal. Semua yang kita punya itu milik Allah. Harta, jabatan, keluarga itu semua miliknya dan kapan saja bisa diambil. Bersabarlah, ada hikmah dibalik ini semua.

Ucapan Belasungkawa Untuk Teman/Sahabat

Kehilangan seorang teman atau sahabat untuk selama-lamanya adalah hal yang paling berat. Namun begitulah kehidupan, setiap ada pertemuan ada perpisahan. 
Berikut ini adalah ucapan belasungkawa untuk sahabat atau teman.

Sahabatku… Mungkin bagimu kematian adalah kebahagiaanmu karena hilang rasa sakitmu. Mungkin kematiaan adalah bahagiamu dimana engkau kembali pada sang pencipta.
Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosamu selama engkau di dunia dan menerima segala amal baikmu. Semoga segala kesedihan segera dihilangkan dari orang-orang yang ditinggalkan.
Namamu akan selalu ku kenang kawan.

Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagiku, karena aku harus kehilanganmu. Kepergianmu secepat ini membuatku merasakan kesedihan yang sangat mendalam. Selamat jalan sahabat terbaikku… Semoga Allah menerima segala amal baikmu dan semua ketulusanmu dalam membantu orang lain. Semoga jannah adalah tempat kembalimu.

Selamat jalan sahabatku.. maaf aku tak bisa mengiring jenazahmu ke tempat peristirahatan terakhirmu. Dari kejauhan aku mendoakan, semoga engkau mendapatkan tempat terindah. 
Senandung doa ini untukmu sahabatku, semoga kelak kita bisa berkumpul kembali. Aamiin

Dunia ini begitu singkat, kurasa baru mengenalmu kemarin dan hari ini harus berpisah. Engkau orang yang baik selama aku mengenalmu, orang yang tak pernah membenci walau engkau dicaci.

Engkau adalah guruku, yang mengajarkan banyak hal. Hanya doa yang mampu ku persembahkan atas kebaikanmu. Semoga Allah menerima semua amal baikmu dan menempatkanmu dalam tempat yang indah.

Sungguh aku tak menyangka persahabatan ini hanya akan sampai pada hari ini. Selamat jalan sahabat terbaikku, semoga kelak kita akan berjumpa lagi di syurga.

Sahabatku… selamat jalan aku ucapkan
Terima kasih atas segala kebaikanmu selama ini
Maafkan segala kesalahan dan kekhilafanku selama ini.
Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosamu dan engkau mendapat tempat yang layak di sisinya.

Bumipun menangis atas kepergianmu, burung lalu lalang seakan ucapkan duka.
Aku disini merenungi kenangan indah yang telah kita lewati bersama.
Susah – senang bersama, menangis tertawa bersama.
Rasanya begitu singkat waktu itu.
Dan kini tiba-tiba ku dengar kabar kepergianmu untuk selama-lamanya.
Air mata ini tak lagi bisa kuhentikan, hati ini begitu kehilangan.
Sahabatku.. hanya doa kebaikan yang mampu kulakukan mengiringi kepergianmu.
Selamat jalan sahabatku, semoga Allah mempertemukan kita kelak di syurga yang indah.

Ucapan Duka Cita Untuk Guru

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Selamat jalan guruku, semoga husnul khatimah. Sungguh besar jasa-jasamu untuk anak didikmu.

Guruku selamat jalan, semoga husnul khatimah.
Sungguh besar pengorbananmu untuk menjadikan anak didikmu berakhlak mulia. Semua tak ada yang sia-sia, semoga Allah menerima segala amal baikmu.

Tiada akan terganti sampai kapanpun, bimbinganmu yang selama ini menerangi jalan hidupku. Engkau cahaya yang menerangi tiap langkahku.
Terima kasih ku ucapkan dari hati yang tulus atas segala kebaikan dan semua jasa-jasamu. Sebait doa yang mengahantarkan kepergianmu duhai guruku, semoga jannah tempat terakhirmu.

Engkau guru sekaligus orang tuaku, kepergianmu sungguh membuatku sangat kehilangan. Engkau tebarkan ilmu untuk anak didikmu.
Engkau ajarkan kebaikan sekaligus menjadi suri tauladan. Guruku.. kami sangat mencintaimu, selamat jalan.. semoga kelak Tuhan mempertemukan kembali di syurga.

Ilmu yang kau tebarkan kini bermanfaat untukku dan anak – anakku. Namun tak ku sangka kepergianmu secepat ini, tetesan air mata mengiringi kepergianmu. Hanya doa dari hamba fakir ini yang akan kupersembahkan untukmu.

Mengenalmu begitu lama, ikatan guru dan murid kini memudar bagai anak dan seorang ayah. Kenangan demi kenangan telah terlewatkan dengan penuh keindahan. Sungguh tak pernah mampu ku lupakan segala kebaikanmu guruku… semoga engkau tenang disana dan semoga jannah tempat kembalimu.

Tiada yang mampu ku ucapkan selain doa kebaikan untukmu guru. Tiada yang mampu ku ucapkan selain rasa terima kasih atas banyaknya perjuangan, pengorbanan, dan semua ilmu yang kau berikan. Selamat jalan guru, semoga Allah menerima semua amal baikmu dan mengampuni dosa-dosamu.

Jika tak ada guru dalam hidupku, apa jadinya aku. Jika tanpa guruku, siapalah aku. Engkau guru kehidupan, namamu akan selalu harum dalam sanubariku. Walaupun kini jasadmu telah tiada tapi dirimu selalu dalam dada. Selamat jalan guruku, semoga jannah tempat kembalimu.

Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un kulo sak keluargo ngaturaken nderek belasungkawa. Mugi-mugi Allah tansah maringi pangapunten dumateng almarhum. Semanten ugi, keluarga ingkang ditinggal diparingi kesabaran lan ketabahan. Aamiin

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, kulo nderek ngaturaken belasungkawa seageng-agengipun pak. Mugi-mugi almarhum diparingi panggenan sing mulyo lan diampuni sedoyo kelepatanipun.

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Nderek belasungkawa kagem keluarga almarhum ( tulis naminipun ) mugi-mugi Allah tampi amal ibadahipun lan dipangapunten sedoyo kelepatane almarhum. Aamiin

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Kulo sak keluargo ngaturaken nderek belasungkawa dumateng keluarga almarhum. Mugi mugi almarhum ditampi sedaya amal kesaean ipun ing duno lan diaringi pangapuntrl sedaya kelepatan. Mugi mugi keluargo ingkang ditinggal di paringi kekiatan lan kesabaran.

Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, kulo lan rencang-rencang nderek ngaturaken belasungkawa ingkang kunduripun almarhum (tulis nama) wonten ngarsonipun gusti Allah. Mugi ahli waris sedoyo diparingi kesabaran.

Ucapan Belasungkawa Orang Meninggal Akibat Virus Corona

Virus corona menyerang siapa saja yang Allah kehendaki, tak pandang umur, keadaan maupun jabatan. Ada yang bergejala sebelumnya bahkan ada yang tak bergejala tiba-tiba positif corona. Ada yang bisa total sembuh dan ada juga yang tak bisa diselamatkan bahkan dalam hitungan hari.

Corona tidak memandang jabatan, bahkan tidak sedikit tenaga medis yang menolong pasien corona justru terserang virus yang mengerikan ini. Bagi keluarga yang ditinggalkan tentu akan merasa sangat terpukul dengan kepergiannya yang mendadak. Namun ingatlah bahwa rizki, jodoh dan umur sudah Allah gariskan.

Yuk berikan ucapan belasungkawa kepada mereka dan berikan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan untuk membesarkan hatinya agar lebih bersemangat lagi menjalani hidup.

Kehilangan seorang yang disayang memanglah menyakitkan, tapi inilah kehidupan. Dunia memanglah tempat ujian, bersabarlah dan ikhlaskan kepergiannya. Percayalah Allah bersama orang-orang yang sabar. Semoga almarhum ( tulis namanya ) istiqomah dan diterima disisi Allah.

Untukmu para tenaga medis, engkaulah mujahid yang bertempur bukan dengan pedang tapi namamu akan selalu dikenang. Jasa-jasamu akang selalu dikenang sepanjang zaman. Namamu akan semerbak wangi di negeri ini. Selamat jalan kami ucapkan, semoga Allah memberi tempat terbaik untukmu disana.

Untukmu para tenaga medis, yang telah berjuang untuk menyelamatkan orang lain hingga titik penghabisan. Engkau bagai lilin yang menerangi orang lain tapi harus terbakar sendiri. Terima kasih banyak kami ucapkan semoga Allah menerima semua amal baikmu. Selamat jalan… syurga menantimu. Insya Allah

Namamu selalu dikenang wahai sahabat seperjuangan, jasa-jasamu akan selalu dikenang. Jerih payahmu, usahamu, pengorbananmu, lelahmu semua akan diperhitungkan di akhirat. Selamat jalan, tugas muliamu kini telah usai semoga menjadi bekal kelak dihadapan Tuhan.

Sekali pahlawan tetaplah pahlawan, namanya akan harum sepanjang zaman. Umur setiap manusia sudah digariskan dan tiada yang bisa menentang ketentuan Allah dengan hal apapun. Allah mengatur dengan sebaik pengaturan, ketika Allah memanggil hambanya untuk kembali maka kembalilah hamba tersebut dengan bermacam-macam caranya.
Ikhlaskan kepergianya, suamimu adalah pahlawan sejati yang melakukan tugasnya dengan sepenuh hati.
Berlapanglah dada, jangan berlarut-larut dalam kesedihan, doakan saja yang terbaik untuk mengiringi kepergianya.

Kami sekeluarga mengucapkan belasungkawa atas kepergiannya. Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan menerima semua amal baiknya saat di dunia.

Seberapa banyak air mata yang menetes dipelupuk matamu tidak akan bisa mengembalikan almarhum (sebutkan namanya) kembali dalam pelukanmu. Semua memang sudah Allah takdirkan, tugasmu sebagai seorang hamba adalah menerimanya dengan hati yang lapang. Kesabaran adalah kekuatanmu sedang doa adalah suatu hal yang dibutuhkan almarhum. Ikhlaskanlah…

Selamat jalan dokter (sebutkan nama)
Selama aku mengenalmu engkau adalah orang yang sangat bertanggung jawab atas tugas-tugasmu. Tak peduli tubuhmu yang mulai melemah, ragamu yang mulai lelah kau tetap tanggap dengan tugas muliamu.
Engkau mengajarkan banyak hal dalam hidupku, termasuk bertanggung jawab dengan ilmu yang kau dapat dan bisa bermanfaat untuk orang banyak.. Namamu selalu ku kenang dalam hatiku. Semoga Allah memberi tempat terindah untukmu.

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un kami atas nama lembaga ( tuliskan nama ) mengucapakan belasungkawa sebesar-besarnya kepada almarhum (tuliskan namanya).
Semoga Allah menerima amal baiknya, mengampuni segala dosanya dan memberikan tempat terbaik disana.
Dan semoga Allah memberi kekuatan hati untuk menerima semua ujian bagi keluarga yang ditinggalkan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *