Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam atau disingkat SDA merupakan potensi alam dalam berbagai bentuk yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Dua jenis SDA yang dikenal yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Dikatakan dapat diperbaharui karena sumber daya alam ini memiliki ketersediaan melimpah meskipun digunakan secara terus-menerus.

Sumber daya yang berasal dari alam ini dapat melakukan proses regenerasi dengan cepat sehingga selalu memiliki ketersediaan yang banyak. Bisa dikatakan jika sumber daya alam ini sebagai bagian ekosistem bumi juga ekosfer terbesar.

Ciri-Ciri SDA Dapat Diperbaharui

  1. Tidak habis meskipun digunakan dalam jumlah banyak secara terus-menerus.
  2. Kapasitas dan jumlahnya bisa diperbanyak dengan mudah maupun melalui siklus alami.
  3. Proses memperbaharui bisa melalui reproduksi atau silkus tertentu.

Jenis SDA Dapat Diperbaharui

1. SDA Regeneratif

Sumber daya alam regeneratif ini bisa diperbaharui salah satunya dengan melakukan proses reproduksi. Kemampuan dalam beregenerasi sumber daya alam ini lebih cepat jika dibandingkan dengan laju konsumsi yang dimilikinya. Hal ini membuat sumber daya alam satu ini tidak akan habis meskipun terus digunakan.

2. SDA Siklis

Sumber daya alam siklis ini memiliki ketersedian yang juga melimpah meski terus digunakan dalam waktu panjang. Namun sumber daya ini akan mengalami penurunan manfaat jika digunakan oleh manusia. Manfaat tersebut dapat kembali lagi melalui proses atau siklis tertentu sehingga termasuk dapat diperbaharui.

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

1. Air

Air dengan banyak manfaat ini merupakan salah satu sumber daya yang bisa diperbaharui. Kebutuhan manusia akan air terus-menerus sepanjang menjalani kehidupan. Tanpa air maka akan banyak sekali aktivitas yang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Sangat penting untuk menjaga kelestarian air meskipun termasuk yang bisa diperbaharui.

Air digunakan untuk berbagai kegiatan seperti minum, mandi, mencuci barang, pembangkit listrik dan lainnya. Jika tidak dijaga air bisa menjadi tercemar dan membutuhkan proses panjang agar bisa digunakan kembali.

2. Angin

Sekumpulan udara yang bergerak atau disebut angin juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Angin ini dapat terjadi jika ada perbedaan tekanan udara dan rotasi bumi sehingga membuatnya bergerak. Prinsipnya angin ini melakukan pergerakan dari suhu dan tekanan rendah ke suhu dan tekanan yang lebih tinggi.

Angin termasuk sumber daya yang bisa mengalami pembaruan karena memang memiliki kapasitas yang tidak pernah habis. Angin juga banyak dimanfaatkan untuk membantu kegiatan manusia seperti penggerak perahu, pembangkit listrik dan lainnya.

3. Hewan

Organisme eukariotik multiseluler dalam bentuk kerajaan biologi animalia atau hewan ini juga termasuk bisa diperbaharui. Hewan bisa dikembangbiakkan baik dalam waktu lama maupun dalam waktu singkat.

Beberapa hewan menjadi salah satu sumber makanan yaitu protein untuk manusia. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk transportasi, beternak, berburu dan membajak sawah.

Namun beberapa hewan telah punah atau langka akibat eksploitasi berlebihan yang dilakukan manusia dan sebagian lagi terancam punah. Sangat penting untuk menjaga keberadaan hewan karena jika sudah punah tidak bisa dikembangbiakkan lagi.

4. Tumbuhan

Eukariota multiseluler atau tumbuhan ini adalah salah satu jenis organisme selain hewan serta manusia. Tanaman sangat banyak jenisnya hingga diklasifikasikan dalam berbagai klan seperti lumut, alga hijau, paku-pakuan, tanaman berbunga dan berbiji. Tanaman juga memiliki banyak manfaat bagi manusia seperti sayuran yang digunakan untuk makanan.

Selain itu tanaman berperan penting dalam menghasilkan oksigen dan mengurangi karbon dioksida pada udara. Banyak lagi manfaat dari tanaman seperti untuk bahan bangunan, pakaian, pengobatan dan bahan industri.

5. Tanah

Tanah adalah bagian terluar kerak bumi yang mengandung bahan mineral serta organik. Mineral dan bahan organik ini sangat penting untuk menumbuhkan berbagai jenis tanaman. Tanpa adanya tanah manusia, hewan dan tumbuhan tidak bisa berpijak pada bumi dengan aman. Tanah ini juga merupakan penjaga keseimbangan alam.

Tanah banyak digunakan untuk keperluan pertanian, bahan produksi, sumber mata air, produksi peralatan rumah tangga dan lainnya. Tanah juga memiliki ketersediaan yang sangat melimpah di alam namun tetap harus dijaga agar tidak tercemar.

6. Panas Matahari

Matahari menghasilkan panas yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia. Terutama tumbuhan sangat membutuhkan sinar matahari untuk memproduksi makanan.

Matahari membuat dunia memiliki siang dan malam serta mengatur suhu bumi agar tetap seimbang. Sinar, cahaya dan energi matahari sangat penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk.

Panas matahari saat ini bisa digunakan untuk pembangkit listrik, penerangan alami, proses pengeringan hingga menjaga kesehatan tubuh manusia. Energi satu ini juga memiliki sumber yang sangat melimpah dan tidak pernah habis.

7. Panas Bumi

Bumi menghasilkan panas yang bisa keluar hingga ke permukaan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi baru. Geothermal atau panas bumi ini bisa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik, industri dan agroindustri. Pengembangan panas bumi sebagai pembangkit listrik sudah banyak dimanfaatkan karena lebih ramah lingkungan

Suhu panas bumi ini akan semakin tinggi saat bertambahnya kedalaman dari kerak bumi tempat keluarnya panas tersebut. Jadi energi yang dihasilkan juga akan semakin besar dan pemanfaatannya lebih banyak.

8. Ombak

Ombak adalah air laut yang membumbung tinggi akibat hembusan angin pada lautan yang luas. Ketinggian ombak ini sangat bervariasi dan tergantung dengan kekuatan angin yang ada pada lautan tersebut. Ombak ini masuk dalam sumber daya yang bisa diperbaharui karena memiliki kapasitas yang tidak terbatas dan selalu bisa dihasilkan dengan mudah.

Ombak dalam ukuran dan kekuatan tertentu bisa digunakan sebagai sumber energi. Beberapa manfaat dari ombak seperti pembangkit listrik, pertukaran gas, menjaga kestabilan udara dan sumber energi. Selain itu banyak juga yang memanfaatkan ombak untuk sarana olahraga air yang menantang.

9. Biomassa

Biomassa adalah salah satu bahan bakar yang digunakan untuk berbagai proses dalam industri. Biomassa bisa terbentuk dari bahan biologis baru mati atau juga yang hidup. Nantinya akan dimanfaatkan sebagai bahan bakar dan bahan produksi industri. Biomassa yang berasal dari tumbuhan biasanya disebut dengan biofuel.

Biomassa yang memiliki banyak manfaat ini juga bisa terbentuk dari hewan yang melalui proses tertentu. Beberapa manfaatnya adalah untuk bahan bakar nabati, mengurangi polusi udara dan bahan bakar ramah lingkungan. Manfaat lain biomassa adalah untuk meminimalisir limbah organik dan meningkatkan kualitas air.

10. Pasir

Pasir merupakan salah satu mineral alam yang berupa butiran kecil dengan ukuran sekitar 2 milimeter ke bawah. Kandungan dari pasir ini sebagain besar adalah silikon dioksida yang berasal dari batu kapur. Material kecil ini paling banyak bisa Anda temui pada daerah pantai tropis atau subtropis yang dekat dengan bagian laut.

Pasir terutama banyak digunakan untuk bahan bangunan, juga dimanfaatkan untuk bahan pembuat kaca, keramik dan logam tertentu.

Banyak lagi contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui misal energi pasang surut air laut, batu-batuan, mutiara, pala, pupuk kompas dan lainnya. Meskipun dapat diperbaharui namun sudah sebaiknya menggunakan sumber daya dengan bijak agar dapat bertahan lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *