Peraturan Sepak bola

peraturan sepak bola

Ragam jenis olahraga yang menggunakan bola sangat banyak termasuk olahraga sepak bola. Perlu diperhatikan bahwa setiap permainan yang menggunakan bola dalam berolahraga akan memiliki aturan tertentu. Peraturan sepak bola misalnya, memiliki berbagai perbedaan yang menonjol dengan olahraga sepak takraw. Meskipun sama-sama menggunakan bola dan kaki.

Penggunaan lapangan pun memiliki aturan yang harus diikuti oleh seluruh pemainnya. Hal ini dijelaskan bahkan secara tertulis, dan memiliki hukum bagi yang melanggar. Jenis olahraga ini memang memiliki jumlah pemain yang cukup banyak dalam satu tim. Untuk mempertarungkan antara tim satu dengan yang lainnya.

Jenis Peraturan Sepak bola

Ukuran Lapangan Untuk Sepak bola

Anda tidak bisa sembarangan menentukan ukuran lapangan dalam permainan sepak bola. Ukuran ideal yang digunakan dalam permainan ini adalah:

Panjang: 100 hingga 110 meter.
Lebar: 64 hingga 75 meter.
Daerah gawang: 18,35 meter x 5,5 meter.
Luas daerah hukuman penalty: 40,39 x 16,5 meter.
Jari-jari lingkaran tengah: 9,15 meter.
Jarak titik hukuman dengan garis gawang: 11 meter.

Gawang

Tinggi x Lebar gawang: 2,44 x 7,32 meter.

Aturan Untuk Jumlah Pemain

Permainan sepak bola membutuhkan jumlah pemain yang sama antara tim satu dengan lainnya. Untuk sepak bola membutuhkan 11 orang dan satunya harus menjadi penjaga gawang. Dilengkapi dengan seorang captain yang menuntun atau memimpin setiap tim. Captain harus berdiskusi dengan wasit ketika terjadi suatu masalah dalam pertandingan demi menyelamatkan tim.

Apabila dalam permainan suatu tim yang pemainnya dikeluarkan (kartu merah) lebih dari 4 orang, atau pemain kurang dari 7 orang maka otomatis tersebut dinyatakan kalah.

Penggunaan Bola

Detailnya, bola yang digunakan harus menggunakan standarisasi yang ditentukan. Misalnya bahan bola harus terbuat dari kulit dengan berat 396 hingga 453 gram. Keliling lingkaran harus mencapai 68 hingga 71 sentimeter.

Peralatan yang Digunakan

Setiap tim tentunya harus memiliki kostum tersendiri yang membedakannya dari tim lain. Misalnya, tim A memiliki jersey dengan warna berikut dan tim B harus memiliki warna yang berbeda. Penjaga gawang akan memiliki kaus atau jersey yang berbeda dari timnya. Harus dipastikan jika keeper harus menggunakan sarung tangan dan melindunginya dari cidera.

Peraturan Sepak Bola Untuk Wasit

Orang yang memegang kendali penuh dari setiap pertandingan dalam sepak bola disebut sebagai wasit. Setiap wasit harus memiliki keputusan yang tepat selama pertandingan masih berlangsung. Wasit terbagi menjadi dua yakni wasit utama dan assitennya yang akan membantu. Kartu merah atau kuning yang diberikan kepada pemain sepenuhnya adalah hak wasit dan atas pelanggaran pemain.

Peraturan Untuk Asisten Wasit

Tugas utama dari setiap asisten wasit adalah membantu wasit yang utama. Linesman merupakan sebutan dari asisten wasit dalam permainan sepak bola. Bertugas untuk mencari juga memberitahukan kepada wasit yang utama akan beberapa pelanggaran. Jenis pelanggarannya biasanya adalah offside dengan menggunakan bendera sebagai tandanya.

Termasuk untuk melakukan pengawasan dari throw in (lemparan ke dalam) dan tendangan sudut. Hal ini sangat penting untuk menjunjung tinggi keadilan.

Ketentuan Untuk Durasi Pertandingan

Waktu durasi pertandingan adalah 90 menit atau bisa mencapai hingga 1,5 jam. Terbagi atas dua babak yang tiap babaknya memiliki durasi untuk bertanding 45 menit.

Waktu istirahat akan diberikan pada babak pergatian. Akan tetapi durasi istirahatnya tidak akan lebih dari 15 menit. Extra time mungkin saja diberikan ketika tidak ada pemain yang menang.

Lama waktu untuk extra time ini biasanya selama 30 menit atau 2×15 menit. Mungkin saja dalam pertambahan waktu ini tidak ada yang mampu mencetak gol. Maka akan diteruskan dengan tendangan penalty.

Peraturan Start and Restart of Play

Aturan semacam ini digunakan oleh wasit untuk memulai pertandingan atau untuk melanjutkan permainan setelah terjadi istirahat babak pertama, goal dan extra time (waktu tambahan).

Start and restart play ini penting diperhatikan oleh wasit. Terutama ketika gol telah terjadi maka harus diberikan restart of play. Setelah extra time pun aturan ini harus kembali dilakukan.

Aturan Untuk Keluar Atau Masuk Ke Area Lapangan

Wikipedia.com

Ball in play or out of play adalah metode untuk menentukan posisi bola dalam suatu permainan, apakah masih masuk atau sudah keluar lapangan. Aturan ini digunakan pada saat bola masih berada tepat di garis antara keluar dan masuk.

Bola yang sudah jelas posisinya (keluar atau masuk) tidak perlu menggunakan aturan ini.

Agar lebih jelas bagaimana penentuannya, coba perhatikan gambar berikut ini!

Aturan Untuk Gol

Setiap gol bisa diakui ketika telah melewati garis gawang atau masuk ke jaring. Akan tetapi situasi bisa berubah ketika ada pemain yang melakukan pelanggaran terutama dalam area offside. Wasit yang memiliki wewenang untuk memutuskan gol yang dihasilkan sah atau tidak.

Tendangan Bebas Langsung Juga Tendangan yang Tidak Langsung

Setiap tendangan yang dilakukan dengan cara langsung adalah pencetakan sebuah gol. Tendangan ini biasanya terjadi di dekat kotak penalty lawan dengan jarak yang sesuai. Yang tidak langsung adalah tendangan yang dilakukan oleh pemain. Akan tetapi kejadian ini disebabkan oleh beberapa pelanggaran atau offside dan bisa digunakan untuk mencetak gol.

Jenis Aturan Untuk Lemparan Ke Dalam

Lemparan ke dalam atau biasa disebut sebagi throw in, adalah bola yang dilemparkan ke arah bagian dalam lapangan. Hal ini bisa terjadi ketika ada bola yang keluar dari garis lapangan. Tata aturannya adalah sebagai berikut:

  1. Lemparan dilakukan dengan dua tangan, tidak satu tangan.
  2. Lemperan dilakukan dari luar lapangan, atau tepat sebelum garis pembatas.
  3. Bola dilempar dengan menghadap lapangan dan diayunkan di atas kepala.
  4. Lemparan tidak dianggap gol jika langsung masuk ke gawang.
  5. Setelah pemain melempar kemudian langsung masuk untuk bermain kembali.

Melakukan Tendangan Ke Gawang

Tendangan ke gawang atau disebut sebagai goal kick merupakan salah satu tendangan yang dilakukan dalam area penalty. Tendangan ini biasanya terjadi ketika bola mendapatkan kontak dengan seorang pemain. Akan tetapi kontaknya sebelum bola mencapai garis gawang luar.

Aturan Untuk Tendangan Sudut

Corner kick merupakan istilah yang khas dalam dunia sepak bola. Tendangan yang dilakukan dari sebuah sudut dan dilakukan dari sisi pojokan lapangan oleh pemain tertentu. Corner kick ini akan diberikan pada penyerang tim saat bola keluar lapangan yang disebabkan adanya kontak terakhir dari pemain lawan.

Aturan Untuk Tendangan Penalty

Penalty mungkin saja terjadi ketika ada beberapa pemain yang melakukan pelanggaran. Tendangan penalty memiliki aturan untuk melakukannya di dalam wilayah penjaga gawang. Hal ini harus dilakukan oleh satu orang pemain yang akan melakukan tendangan dan ada seorang keeper yang menjaga gawang. Tendangan akan dilakukan ketika wasit sudah meniupkan peluit untuk menendang bola.

Pelanggaran yang kerap dilakukan untuk tendangan penalty adalah hands ball, offside, hingga tackle yang menyebabkan banyak pemain terkena sanksi penalty. Setiap tim memiliki hak untuk menentukan pemain yang akan melakukan tendangan ini.

Tendangan Offside

Ketika pemain yang ingin melakukan oper bola ke pemain lainnya namun dirinya berada di belakang bek lawan. Hal ini bisa menyebabkan offside dan harus dilakukan sanski. Posisi ini akan terlihat jelas oleh asisten wasit sebagai seseorang yang menyampaikan kepada wasit bahwa ada pelanggaran atas offside.

Beberapa pemain biasanya menggunakan kesempatan ini untuk mencetak gol dengan cara langsung. Hal ini sangat memungkinkan karena pemain bisa mencapai garis gawang dengan mudah dari posisi ini.

Ketika Anda sudah mematuhi semua aturan di dalamnya maka akan tercipta permainan yang sportif. Setiap peraturan sepak bola harus dipatuhi oleh tim termasuk pemain di dalamnya. Wasit berfungsi untuk menjaga jika semua peraturan memang dilaksanakan dengan baik oleh seluruh pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *