Hewan Langka di Indonesia

hewan langka indonesia

Indonesia memiliki keanekaragaman fauna yang sangat melimpah, baik yang hidupnya di darat, udara, atau laut. Namun yang sangat disayangkan populasi fauna Indonesia setiap tahun semakin menurun. Sehingga banyak fauna yang berada di Indonesia hampir masuk kategori hewan langka.

Penyebab Terjadinya Hewan Langka

Hal ini bisa terjadi dikarenakan jailnya tangan predator manusia yang akan dijadikan hewan komersil dan dijual ke negara tetangga. Penyebab lain mengapa hewan langka bisa terjadi karena manusia menebang hutan liar dan membakar hutan secara ilegal demi keuntungannya sendiri.

Nama Hewan Langka

Berikut 16 nama hewan yang sudah termasuk langka dan terancam punah.

1. Burung Merak

burung merak hewan langka
Youtube.com

Siapa yang tak mengenal hewan langka yang cantik dan menawan ini, ya, burung merak dengan nama latin Pavo sp. Apakah Anda tahu jenis burung ini sudah sulit untuk ditemukan. Pesona burung ini sangat indah terlihat pada corak bulu yang ditunjukan. Burung merak adalah salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

Keberadaan burung merak bisa Anda jumpai di Indonesia bahkan ke negara tetangga seperti Malaysia, India, dan Cina (negara bambu). Hewan ini hidup di hutan terbuka dan memiliki padang rumput yang luas. Burung merak menyukai makanan aneka serangga, hewan-hewan kecil seperti cacing, kadal kecil, laba-laba.

Tak hanya itu, burung merak juga suka aneka  biji-bijian, dedaunan, dan pucuk rumput.

2. Babi Rusa

Babi rusa hewan langka indonesia
jenisfloraindonesia.web.id

Hewan langka satu ini mempunyai nama latin Babyrousa babirussa. Hidup di berbagai daerah seperti Sula, Malenge, Buru, Maluku, Pulau Togian, dan Sulawesi. Babi Rusa dapat dijumpai di hutan tropis. Hewan ini gemar makanan buah-buahan dan sayuran, seperti mangga, dedaunan, dan jamur, vegetarian banget, ya. 

Uniknya babi rusa berburu makanan tiap malam hari supaya terhindar dari predator buas yang suka menyerang. Tampaknya saja tergolong hewan pemalu, tetapi ia bisa buas saat hidupnya diusik. Apa Anda tahu apa fungsi dari taring yang berada di sekitar kepalanya? Taring babi rusa yang mencuat ke atas berguna melindungi mata dari duri rotan.

Hewan ini sering diburu oleh penduduk setempat untuk dijadikan mangsa atau dibunuh karena telah merusak lahan perkebunan dan pertanian warga. Populasi babi rusa semakin sedikit, bisa diperkirakan 4.000 ekor yang masih bertahan hidup di Indonesia.

Baca Juga: Aneka Tanaman Hias Daun dan Bunga

3. Alap-alap Capung

Alap alap capung hewan langka
bestfacts.com.ua

Hewan langka berikutnya adalah jenis burung karnivora bisa dikenal dengan nama pemakan daging. Hewan ini mempunyai nama latin Microhierax fringillarius. Alap-alap memiliki tubuh kecil dan bisa dibilang burung karnivora terkecil di dunia, di mana ukuran tubuhnya rata-rata 15 cm dengan bobot berat badan 35 gram.

Burung ini sama seperti burung lain yang berkembiangbiak dengan bertelur, termasuk hewan berdarah panas, dan punya paruh yang kecil. Burung alap-alap  capung dapat dijumpai di kawasan Asia Tenggara dan termasuk hewan yang dilindungi.

4. Orang Utan

Hewan Langka orang utan
Beritasatu.com

Orang utan tersebar di hutan Sumatra dan Kalimantan. Nama latin orang utan adalah Pongo sp. Orang utan memiliki rambut yang lebih panjang dari jenis kera lain. Ada yang tahu kenapa diberi nama orang utan? Karena orag utan itu sendiri mempunyai arti manusia yang hidup di hutan dan ia mempunyai banyak kesamaan seperti manusia.

Di antaranya DNA dan segi bentuk tubuh. Hewan langka ini sangat suka buah-buahan. Namun, tempat tinggal orang utan semakin sempit dikarenakan habitatnya sudah disulap menjadi pabrik kelapa sawit, pemukiman, dan pertambangan.

5. Komodo

komodo hewan langka indonesia
Youtube.com

Hanya di Kepulauan Flores  yang mempunyai kadal terbesar di dunia yaitu komodo dengan nama ilmiah Varanus komodoensis. Fakta unik dari komodo yaitu butuh 5 tahun untuk berkembangbiak sampai ukuran 2 meter dan bisa hidup sampai 30 tahun.

Tempat tinggal komodo berada di daerah Pulau Komodo, daerah Flores, daerah Gili Motang, daerah Rinca, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Populasi komodo dapat diperkirakan sekitar 3.000 ekor yang ada di Pulau Komodo. Faktor pemicu hewan ini langka adalah adanya penjualan ilegal yang sering dilakukan oknum jail di pasar gelap.

6. Anoa

Anoa Hewan Langka Indonesia
Inibaru.id

Anoa adalah satwa terbesar di daratan Sulawesi. Anoa dengan nama ilmiah Bubalus sp. Yang mempunyai nama lain sapi hutan atau kerbau kerdil.  Terdapat dua jenis Anoa di Sulawesi seperti anoa dataran rendah dan anoa dataran tinggi.

Hewan langka ini menyukai hidup menyendiri ketimbang berkelompok. Anoa dikenal hewan agresif dan perilakunya yang sering berubah-ubah. Anoa menyukai makanan buah-buahan, rumput, lumut, pakis, dan tunas daun.

Populasi hewan ini makin menyusut, diperkirakan jumlahnya kurang dari 1.000 ekor.  Bisa terjadi akibat adanya perburuan liar di Sulawesi Tenggara dan perambakan hutan.

7. Harimau Sumatra

Harimau Sumatra
Goodnewsfromindonesia.id

Salah satu hewan yang dilindungi dikarenakan jumlah populasinya yang semakin dikit dan masih ada pemburuan harimau sumatra untuk dijadikan salah satu bahan pakaian, sepatu, dan tas. Harimau sumatra dengan nama latin Panthera tigris sumatrae ini mempunyai warna tubuh paling gelap dari subspesies harimau lain.

Harimau betina mempunyai bobot berat sekitar 91 kg dan bobot berat harimau jantan sekitar 140 kg. Semakin sulitnya tempat tinggal hewan ini, semakin sulit pula untuk ia tetap bertahan hidup. Oleh karena itu, diperlukan adanya pelestarian dan penjagaan agar tidak terjadi kepunahan.

8. Badak Jawa

BADAK JAWA
Kompasiana.com

Badak bercula satu termasuk hewan yang hampir punah. Populasinya bisa ditemukan di Taman Nasional Ujungkulon. Banyak oknum manusia memanfaatkan hewan ini untuk mengambil cula badak dan dijadikan sebagai obat.

Hewan langka ini termasuk badak mematikan jika bertemu musuh dengan senjata cula yang tajam untuk menyerang musuh. Hewan ini termasuk herbivora, menyukai makanan tumbuh-tumbuhan.

9. Kura-kura Punya Leher Ular

Kura-kura leger ular (panjang)
fokusnusatenggara.com

Hewan langka berikutnya adalah jenis kura-kura berkepala ular yang habitatnya tersebar di Papua Nugini dan Australia. Hewan ini salah satu fatwa reptil yang dilindungi di Indonesia dan sudah mulai terancam. Keberadaannya kini hanya di Pulau Roti, Indonesia dan banyak diburu untuk dijual ke negara lain.

10. Penyu Hijau

hewan langka penyu hijau
Kuantanloka.com

Penyu hijau yang memiliki nama latin Chelonia mydas bisa dikatakan hampir terancam punah dan populasinya semakin berkurang tiap tahun di Indonesia. Keberadaan hewan langka ini bisa Anda jumpai di Suaka Margasatwa Cikepuh dan Pantai Pangumbahan.

Penyu adalah salah satu kura-kura laut. Menurut data ilmuwan, penyu sudah lahir sejak akhir zaman Jurasic sekitar 145-208 jutaan tahun lalu,  bisa dikatakan seumuran dengan dinosaurus. Ciri yang bisa dikenal dari penyu yaitu punya sepasang tungkai depan yang berguna untuk ketangkasan saat berenang di dalam air.

11. Ikan Pari Hiu

Ikan Pari Hiu
wiken.grid.id

Hewan langka ini dijumpai di Perairan Indonesia bagian Timur dan Samudra Pasifik. Namun, keberadaan ikan pari hiu semakin langka ditemukan dikarenakan dulu sering ditangkap untuk mengambil sirip. Sirip ikan pari hiu sering dijadikan sup sirip di berbagai banyak negara Asia.

Ikan pari hiu telah dibunuh hingga 73 juta hiu setiap tahunnya dilaporkan dari konservasi laut, Oceana. Oleh karena itu, populasi hewan ini menurun sampai 83%.

12. Ikan Gergaji Bergigi Besar

ikan gergaji bergigi besar
Gambarikan.com

Hewan langka ini tersebar di India, Papua Nugini, Afrika Selatan,, Australia, dan Thailand. Hidup ikan ini berada di sungai besar, danau besar, atau rawa. Pada wilayah Indonesia hewan ini bisa Anda dapatkan di Sungai Mahakam, Sungai Siak, Sungai Sepih, dan Sungai Digul.

Fakta yang mencengangkan adalah  populasi hewan ini juga menyusut akibat habitat hidupnya semakin sempit , tak hanya itu, hewan langka ini sering diburu dikarenakan warga setempat mengganggap ia adalah predator ikan kecil atau dijadikan kolektor ikan secara liar.

13. Burung Kakaktua Jambul Kuning

Burung Kakaktua Jambul Kuning
Suara.com

Salah satu hewan langka dengan nama latin Cacatua sulphurea. Habitat burung ini tersebar di Indonesia meliputi  Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, dan Papua. Ciri khas Burung Kakaktua adalah Jambul cantik dan ukuran tubuh sedang dengan panjang 35 cm.

Selain itu, hewan ini menyukai makanan biji-bijian, aneka buah, dan kacang-kacangan. Populasi burung ini semakin menurun. Penyebab utamanya adalah perdagangan satwa ilegal yang dijual di daerah Bali, Jawa, hingga Singapura. Selain itu, habitat hewan ini hilang dan penangkapan liar yang menjadikan burung semakin sulit dijumpai.

14. Burung Cendrawasih

Hewan langka burung cendrawasih
www.tribunnewswiki.com

Hewan langka ini dijuluki bird of paradise. Burung ini terkenal dengan bulu indahnya yang  berwarna-warni. Pada umumnya, bulu burung cendrawasih cerah dengan kombinasi cokelat kemerahan, hitam, kuning, putih, hijau, biru, ungu hingga orange. Burung langka ini bisa dijumpai di Papua.

Akibat maraknya penebangan hutan, penangkapan, dan pencarian kayu gaharu menyebabkan terjadinya perubahan habitat fatwa sehingga jumlah semakin menurun dan berpengaruh juga terhadap perkembangan reproduksi yang sangat lamban.

15. Burung Seriwang Sangihe

Burung Seriwang Sangihe
Ebird.org

Hewan yang disebut caerulean paradise atau dikenal burung seriwang sangihe berhabitat di daerah Pulau Sangihe, Sulawesi Utara. Burung ini adalah hewan langka di dunia saat ini. Bisa Anda lihat populasinya tinggal 19-135 ekor. Tak heran jika ada yang memberikan status terancam tinggi bagi burung ini. 

Seriwang suka berhuni di sekitar kawasan lembah berhutan di Pegunungan Sahenda- Ruman dengan ketinggian 475-650 meter di atas permukaan laut.

Penyebab utama populasinya menurun dikarenakan habitat yang semakin kecil sehingga berpengaruh keberlangsungan hidup burung  dan ini merupakan ancama utama untuk kelestarian Burung Seriwang.

16. Maleo Hewan Langka

Maleo hewan langka indonesia
keindahanfaunaindonesia.blogspot.com

Hewan langka ini mempunyai nama latin Macrocephalon maleo dan habitatnya dijumpai di Pulau Sulawesi. Jenis burung ini memiliki panjang sekitar 55 cm dan ternyata ia memiliki sifat unik yaitu anti-poligami. Ia tidak bertelur selama pasangannya mati.

Populasi maleo berkisar 320 ekor dan hewan langka ini wajib dilestarikan menimbang jumlahnya yang semakin sedikit. Faktor utama terancamnya burung maleo adalah adanya pembukaan lahan baru sehingga habitat burung maleo ikut terganggu dan predator manusia yang suka mencuri telur burung maleo.

Selain itu, predator lain seperti biawak dan babi hutan yang suka memakan telur burung maleo. Kehidupan burung maleo di daerah pantai pasir panas atau di pegunungan sumber mata air panas. Sebab, burung maleo suka mengubur telurnya di daerah sumber panas bumi.

Dengan mengenali jenis hewan langka, Anda dapat  menambah pengetahuan dasar tentang satwa yang ada di Indonesia. Selain itu, perlu adanya kepedulian atas hewan-hewan yang hampir punah hidupnya,  dengan begitu peranan manusia sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan dan laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *