Contoh Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi

Contoh teks eksposisi sebenarnya sering kita jumpai di koran, website berita atau media televisi. Sebelum masuk ke contoh teks eksposisi, alangkah baiknya kita pahami dulu pengertian, fungsi, ciri-ciri, jenis dan kaidah kebahasaan teks eksposisi berikut ini.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah sebuah karangan yang menjelaskan tentang maksud sebuah pokok pikiran yang disajikan secara padat, singkat dan jelas. Teks ini biasa digunakan dalam karangan-karangan ilmiah, sehingga bersifat non fiksi.

Fungsi dan Tujuan Teks Eksposisi

Fungsi dan tujuan teks eksposisi adalah untuk menjelaskan, menerangkan dan memaparkan informasi tertentu secara rinci dan sistematis sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Ciri Ciri Teks Eksposisi

Jika Anda menemukan suatu teks yang memiliki ciri-ciri berikut ini, maka bisa jadi itu adalah jenis teks eksposisi.

  1. Singkat, padat dan akurat.
  2. Gaya bahasa mengajak.
  3. Menjelaskan informasi pengetahuan.
  4. Kalimat bersifat lugas dan baku.
  5. Tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca.
  6. Biasanya berisi tentan jawaban atas pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana serta mengapa.
  7. Fakta difungsikan sebagai sarana kontribusi dan konkritasi.
  8. Netral dan objektif, tidak subjektif.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi tidak disusun secara asal, tetapi memiliki struktur yang sistematis seperti ini.

  1. Pendapat (tesis/opini): tesis berisi pendapat atau opini yang menjadi pokok pembicaraan dalam suatu teks eksposisi.
  2. Argumentasi: merupakan isi dari teks eksposisi. Argumentasi menjelaskan pokok permasalahan yang dibicarakan dalam suatu teks eksposisi.
  3. Penegasan ulang: berisi penegasan kembali dari paragraf sebelumnya yang merupakan bagian dari penutup.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

  • Menggunakan Konjungsi (Kata sambung atau kata hubung) untuk menguatkan argumentasi.
  • Menggunakan Pronomina (jenis kata yang menggantikan orang atau benda seperti aku, engkau dan dia)
  • Menggunakan Verba (Kata Kerja)
  • Menggunakan Kata Leksikal (Kata yang berasal dari kamus)

Jenis Jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi banyak sekali jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenis teks eksposisi yang umumnya sering digunakan.

Teks Eksposisi Proses

Berisi penjelasan tentang proses atau panduan dalam melakukan sesuatu.

Teks Eksposisi Definisi

Berisi penjelasan tentang makna suatu objek tertentu.

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks yang berisi informasi tentang gambaran sederhana dari suatu objek tertentu dengan ilustrasi objek lain yang memiliki kesamaan sifat. Teks eksposisi ini menggunakan frasa penggubung.

Teks Eksposisi Berita

Teks yang berisi laporan mengenai suatu peristiwa, kejadian atau keadaan. Teks ini seperti yang kita jumpai di surat kabar, TV atau majalah.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks yang pokok pikirannya berisi perbandiangan suatu hal.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks yang menerangkan pertentangan antara suatu objek dengan objek lainnya. Teks eksposisi jenis ini biasanya menggunakan tanda hubung “akan tetapi” “sebaliknya” “meski demikian” dan seterusnya.

Teks Eksposisi Analisis

Adalah teks eksposisi yang berisi penjelasan tentang analisa suatu permasalahan atau kejadian tertentu.

Agar lebih memahami penjelasan di atas, coba perhatikan contoh contoh teks eksposisi di bawah ini.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi Proses

Pendapat: Hampir semua orang suka minum jus. Jus adalah minuman yang segar dan menyehatkan karena terbuat dari bahan buah-buahan yang alami. Cara membuatnya juga sangat mudah dan sederhana.

Argumentasi:

  • Pertama kupas dan iris kecil-kecil buah yang akan dibuat jus.
  • Lalu masukkan irisan buah itu ke dalam blender.
  • Tambahkan gula dan es batu ke dalam blender.
  • Bila Anda suka, tambahkan juga susu agar rasanya semakin mantap.
  • Tuangkan air putih secukupnya.
  • Blender kira-kira selama 2 menit.
  • Tuangkan hasil blender buah tadi ke dalam gelas. Maka jus siap dihidangkan.

Penegasan:

Mudah bukan? Kamu pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain sehat juga pasti akan lebih hemat.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Tesis

Puisi adalah sebuah karya sastra yang disusun secara indah dan penuh makna dengan pemilihan kata, irama, rima, bait dan baris tertentu. Puisi digunakan oleh penulisnya untuk menyampaikan berbagai isi hatinya dengan padat. Setiap kata di dalam puisi terdapat makna yang tersurat maupun tersirat.

Argumentasi

Dalam penyusunan puisi harus memilih kata-kata yang tepat, sehingga perasaan batin penulis dapat dituangkan secara penuh dan mampu diterima oleh pembaca. Sebelum memilih kata harus dipertimbangkan makna dan kedudukannya dalam kalimat maupun kedudukannya dalam keseluruhan puisi.

Meskipun bentuk baris dalam puisi boleh dengan berbagai macam: melingkar, zigzag, acak, dan lain-lain. Tapi harus tetap memenuhi kriteria keindahan. Sehingga meskipun seseorang membacanya berkali-kali maka tidak akan bosan.

Penegasan Ulang

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa puisi adalah karya sastra yang memiliki nilai sastra yang tinggi, susunan kata yang indah, makna yang dalam, serta isi pikiran yang padat.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Dalam contoh ini kita akan menjelaskan komponen organisasi dengan ilustrasi sebuah bangunan rumah.

Tesis

Menjalankan organisasi sama dengan membangun sebuah rumah. Ada banyak komponen di dalamnya yang harus ada. Komponen-komponen itu saling berkaitan satu sama lain, dan tidak bisa berdiri sendiri.

Argumen

Rumah memiliki komponen-komponen wajib seperti pondasi, tiang-tiang penyangga, atap dan pintu rumah. Semuanya harus ada dan saling melengkapi untuk membentuk rumah yang nyaman. Rumah tanpa atap maka akan kehujanan dan kepanasan. Jika hanya atap saja maka rumah tidak akan bisa berdiri. Sehingga kesemuanya harus ada untuk saling melengkapi. Organisasi juga demikian, terdiri dari komponen yang harus ada seperti ketua umum, wakil, sekretaris, bendahara dan seksi-seksi. Organisasi tidak bisa jalan jika hanya ada ketua saja, wakil saja atau sekretaris saja.

Dalam bangunan ada bahan-bahan material yang terlihat sangat jelas seperti genting, daun pintu dan lantai. Ada juga bahan-bahan bangunan yang tak pernah terlihat tetapi memiliki fungsi yang sangat penting, seperti batu bata, besi cor dll. Batu bata tak pernah terlihat, tapi dia adalah bahan utama yang menyusun dinding rumah sehingga dapat berdiri kokoh. Begitu pun organisasi, memiliki komponen anggota yang sering terlihat di publik seperti ketua umum dan seksi humas. Tetapi juga memiliki komponen anggota yang tak pernah terlihat, namun memiliki fungsi yang sangat vital (seperti bendahara dan sekretaris).

Penegasan

Sehingga sama seperti sebuah bangunan, organisasi yang baik harus memiliki beberapa komponen yang aktif. Jika ada komponen yang tidak aktif maka akan mengganggu kesetabilan jalannya roda organisasi. Dalam organisasi semua komponen adalah penting. Komponen yang terlihat, tidak lebih penting dari pada yang tidak terlihat.

Semakin besar organisasi maka semakin banyak komponen yang diperlukan. Maka tinggal ditambahkan saja, misalnya wakil ketuanya diperbanyak, sekretaris bendaharanya diperbanyak, atau seksi-seksinya diperbanyak.

Contoh Teks Eksposisi Berita Tentang Corona

Satu korban meninggal di kapal pesiar milik Jepang “Diamond Princess”, setelah kapal itu dikarantina di Yokohama, Jepang. Ratusan lain diantaranya juga divonis positif terjangkit Virus Corona Covid-19. Selain itu ada satu penumpang lain yang meninggal, tapi bukan karena Virus Corona melainkan karena pneunomia. Kedua korban meninggal telah berusia 80-an, dan memiliki kondisi kesehatan yang kurang prima.

Dilansir dari CNN, bahwa sebenarnya kamis (20-02-2020) mereka telah meninggalkan kapal dan dibawa ke rumah sakit. Menteri kesehatan Jepang Katsunobu Kato menyatakan bahwa kedua penumpang itu dibawa ke fasilitas medis dalam keadaan sudah menunjukkan gejala.

Kapal pesiar Jepang Diamond Princess membawa seluruhnya 3700 penumpang dan awak kapal. Setelah dilakukan tes, hasilnya sebanyak 621 penumpang kapal itu positif terjangkit Virus Corona. Penumpang yang negatif virus sudah mulai meninggalkan kapal setelah dikarantina selama 14 hari. Ratusan orang telah turun dari kapal, dan yang lainnya akan turun 2 hari kedepan.

Seorang ahli penyakit menular, Profesor Kentaro Iwato dari Universitas Kobe Jepang telah berkunjung ke kapal pesiar itu. Dia menyatakan “Suasana di kapal sangat kacau”

“Kapal pesiar tidak memenuhi standar pengendalian infeksi” ungkapnya dalam video yang viral di Jepang baru-baru ini.

Hal itu direspon oleh menteri kesehatan Jepang. “Kami telah melakukan yang terbaik dalam situasi ini” kata Katsunobu.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Tesis

SD dan MI adalah dua jenis sekolah yang berada dalam satu tingkatan tetapi memiliki banyak perbedaan. Maklum saja, keduanya berada di bawah naungan kementrian yang berbeda. SD berada di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sementara MI berada di bawah kementrian agama. Kedua kementrian tersebut memiliki tujuan dan arah kebijakan yang berbeda sehingga melahirkan output program pendidikan yang berbeda.

Argumen

Dalam prakteknya di lapangan ada banyak sekali perbedaan antara SD dan MI. Misalnya saja dari segi jam pelajaran. MI memiliki jumlah jam pelajaran agama lebih banyak dari pada SD. Dalam satu pekan, siswa SD hanya mendapatkan 1X2 jam pelajaran agama yang dirangkum dalam mata pelajaran PAI. Sedangkan MI dalam sepekan mendapatkan banyak jam pelajaran agama yang terbagi dalam pelajaran Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Islam, dan Bahasa Arab.

Selain itu ekstra kurikuler MI banyak di dominasi kegiatan agama seperti qiro’ah, hadroh dan hafalan Qur’an. Meskipun juga ada ekstra MI yang umum seperti footsall, pramuka dan lain-lain. Sementara SD lebih banyak ekstra yang bersifat umum seperti bernyanyi, sepak bola, drumband, bola voly dan lain-lain.

Penegasan

Dua jenis sekolah ini berbeda, sehingga siswa lulusan kedua sekolah ini pasti berbeda. Semuanya baik, tergantung pada selera orang tua masing-masing. Jika ingin anaknya lebih banyak memahami agama islam maka MI pilihan yang lebih baik. Namun jika ingin anaknya lebih fokus di ilmu eksak, maka MI yang lebih baik.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Tesis

Kehidupan kota dan desa sangat berbeda dalam segala aspek mulai dari ekonomi, lingkungan, pendidikan, sarana umum dan sosial kebudayaan. Tinggal di kota maupun di desa memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Argumen

Dari segi ekonomi tentu saja kota lebih maju, karena sebagian besar uang negara perputarannya berada di kota. Hal itu menyebabkan banyak penduduk desa yang merantau ke kota. Karena kepadatan penduduk lebih besar di kota sehingga pembangunan infrastruktur, sarana umum dan sarana pendidikan juga lebih difokuskan ke kota. Karenanya, masyarakat kota lebih baik pendidikannya, lebih terbuka, lebih melek teknologi dan lebih banyak wawasan.

Di balik kelebihan yang banyak di atas perkotaan  juga memiliki nilai minus. Misalnya, udara di kota sangat polutif. Suasananya juga sangat crowded, jauh dari kata tenang. Budaya tolong-menolong dan gotong-royong sudah hampir hilang. Anak-anak banyak yang tidak mengenal sopan-santun dan anggah-ungguh.

Adapun masyarakat desa, secara ekonomi masih sangat rendah. Kebanyakan mereka hanya memanfaatkan pertanian dan peternakan sebagai sumber pendapatan. Jika ingin sukses, biasanya masyarakat desa pergi merantau ke kota atau ke luar negeri. Kurangnya infrastruktur, sarana dan pembangunan menyebabkan masyarakat kurang melek teknologi dan wawasan.

Meski demikian, di desa masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan kebudayaan daerah masing-masing. Suasananya tenang, cocok untuk menghabiskan masa tua. Semangat gotong-royong dan saling membantu di desa sangat kental. Individualisme menjadi hal yang aneh di masyarakat desa.

Penegasan

Bagaimanapun kehidupan desa akan selalu berbeda dengan kota. Jika Anda tinggal di kota, tidak perlu merendahkan masyarakat yang berada di pedesaan. Begitu pula sebaliknya, masyarakat desa tidak boleh merasa lebih baik dari pada yang di kota. Keduanya berbeda, tapi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Tesis

Beras adalah sumber kehidupan utama untuk bangsa. Warga Indonesia tidak akan bisa makan jika para petani tidak memproduksi padi. Oleh karenanya, beras adalah komoditas yang mahal. Ironisnya, para petani masih sering kesusahan dalam memenuhi kebutuhan ekonominya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Dengan beras yang dimilikinya seharusnya petani dapat memenuhi kebutuhannya dengan mudah. Faktanya tidak. Justru para tengkulak beras yang mendapat banyak keuntungan dari jual beli beras petani.

Argumen 

Satu di antara sekian banyak sebab buruknya ekonomi petani adalah maraknya tengkulak yang mempermainkan harga beras. Mereka mengambil keuntungan besar dari jual beli dan distribusi beras. Fenomena ini telah berlangsung lama dan turun-temurun. Entah sampai kapan. Hal itu menyebabkan petani semakin terjebak pada kondisi yang sulit.

Sebab lainnya adalah kurangnya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan petani. Bila pemerintah lebih berpihak pada nasib petani, maka taraf hidup petani akan meningkat dan membuat mereka lebih semangat bercocok tanam.

Berbeda sekali dengan negara maju yang mana menjadi petani adalah hal yang sangat menjanjikan. Tidak banyak orang yang bisa bertani di negara maju. Maka bertani disana adalah usaha yang menjanjikan.

Meski erkembangan zaman semakin cepat, dan lahan pertanian semakin sempit tapi lahan pertanian di Indonesia masih sangat luas jika dibanding negara-negara lain. Namun tetap saja hasil pertanian Indonesia masih kalah bersaing dengan negara-negara berlahan sempit seperti Vietnam, Thailand, dan India. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri saja Indonesia belum bisa.

Mengapa pertanian di Indonesia terus lesu seperti ini? Tidak lain dan tidak bukan, jawabnya adalah kurangnya taraf hidup petani. Sehingga mereka tidak semangat berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan hasil pertanian. Petani tidak semapat untuk memikirkan inovasi pertanian, mereka masih sibuk memikirkan cara bertahan hidup yang masih sulit.

Penegasan

Jadi pusat permasalahannya adalah pemerintah yang tidak berpihak pada pertanian. Kalau saja pemerintah lebih memperhatikan pertanian maka nasib para petani pasti akan lebih baik. Sayangnya pemerinta selalu lebih mementingkan dunia industri yang bukan akar kekayaan bangsa Indonesia. Sehingga sampai saat ini Indonesia masih terus terombang-ambing dan tidak berpijak pada dasar ekonomi yang seharusnya.

Contoh Teks Eksposisi Berbagai Tema

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Tesis

Olah raga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan banyak berolah raga badan akan selalu segar dan bugar. Semakin sering berolah raga maka akan semakin sehat. Namun sebelum olah raga, ada baiknya seseorang mengetahui kondisi jantungnya. Sebab kondisi jantung seseorang itu berbeda-beda. Ada jantung yang kuat digunakan untuk olah raga dalam waktu yang lama, karena sudah terbiasa. Ada pula jantung yang belum mampu untuk olah raga lama.

Argumen

Olah raga dapat memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Proses metabolisme yang lancar dapat mencegah penyakit kognitif seperti kepikunan dini dan penurunan sistem kerja otak. Olah raga juga sangat disarankan untuk penderita gejala tekanan darah tinggi. Sakit tekanan darah tinggi disebabkan oleh penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Olah raga teratur dapat membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Bagi orang yang sehat, olah raga memiliki banyak sekali manfaat. Paling tidak seseorang harus olah raga rutin minimal 1 kali seminggu. Hal itu akan membuat tubuh sehat dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit, seperti diabetes, jantung dan stroke. Bahkan salah satu penelitian di Amerika yang diterbitkan oleh jurnal The Lancet Psichiatry menyimpulkan bahwa olah raga dapat mengurangi resiko sakit mental seperti depresi, stres dan masalah emosi lainnya.

Meski demikian, sebelum berolah raga ada baiknya dipastikan kondisi tubuhnya sedang fit. Apabila tubuh sedang tidak kuat namun dipaksakan olah raga, maka bukan kesehatan yang didapat tapi justru sakitnya semakin parah. Seperti banyak kasus yang terjadi di masyarakat, pada saat olah raga tiba-tiba pingsan dan harus mendapatkan pertolongan medis. Hal semacam ini biasanya karena seseorang telah memiliki riwayat sakit jantung dan konsisinya sedang tidak fit.

Penegasan

Olah raga terbukti memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghindarkan dari berbagai macam penyakit, mengurangi resiko sakit mental, meningkatkan metabolisme, melancarkan peredaran darah dan masih banyak lagi.

Seseorang harus memperhatikan kondisi tubuhnya sebelum melakukan olah raga. Sebab olah raga pada saat sedang sakit justru akan memperburuk kesehatannya dan menambah penyakit lainnya. Olah raga yang baik adalah yang rutin dilakukan dan tidak berlebihan. Artinya, sedikit-sedikit setiap minggu sekali itu lebih baik dari pada hanya sekali tapi memaksakan diri.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tema: Ujian Nasional

Tesis

Dunia pendidikan sedang ramai membahas rencana Menteri Pendidikan Nadiem Makarim untuk menghapus Ujian Nasional di tahun 2021 mendatang. Ia menyebutkan bahwa Ujian Nasional yang selama ini menjadi standar kelulusan utama siswa akan dilaksanakan terakhir pada 2020.

Sebelumnya, masalah ujian nasional di akhir masa studi ini memang kerap menjadi perdebatan. Para pemerhati pendidikan mengeluhkan banyaknya dampak buruk dengan adanya sistem Ujian Nasional, seperti pengaruh mental sampai tujuan pembelajaran.

Argumen

Menteri Nadiem mengatakan “UN tahun 2021 nanti akan dirubah menjadi Survey karakter dan Asesmen Kompetensi Minimum, yang mana terdiri dari Kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), kemampuan bernalar bahasa (literasi) serta penguatan pendidikan karakter”.

Pada kesempatan rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota se-Indonesia di Jakarta Selatan (11/12/2019) Nadiem Makarim juga menyebutkan beberapa alasan dan pertimbangan mengapa merubah sistem Ujian Nasional dengan Survey Karakter dan Asesmen Kompetensi Minimum. Salah satu yang paling pokok adalah karena selama ini Ujian Nasional dianggap banyak bermasalah.

Nadiem menyebutkan berdasarkan survey dan diskusi dengan para kepala sekolah, guru, siswa serta orang tua siswa bahwa soal Ujian Nasional itu cenderung padat. Sehingga lebih fokus untuk menghafal soal dan materi, bukan kompetensi.

Ujian Nasional sebenarnya dimaksudkan untuk asesmen sistem pendidikan, tapi fakta yang terjadi di lapangan malah menjadi indikator keberhasilan individu siswa. Ujian Nasional hanya menilai dari satu aspek yaitu kognitif.

Sistem Asesmen Kompetisi Minimum yang akan diberlakukan nanti tidak hanya menilai siswa, tetapi juga dapat memetakan sekolah dan daerah berdasarkan kompetensi pelajaran yang diujikan.

Sementara itu, tidak semua pihak setuju wacana penghapusan Ujian Nasional yang disampaikan Menteri Pendidikan ini. Salah satunya adalah mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) yang secara tegas menyampaikan penolakannya. Menurutnya wacana itu harus dikaji ulang karena untuk menjadi bangsa yang besar memang perlu melewati ujian-ujian yang berat.

Penegasan Ulang

Penolakan lain juga datang dari anggota Komisi X DPR RI, Sudewo. Beliau sependapat dengan Jusuf Kalla bahwa jika UN dihapus maka akan menimbulkan karakter yang tidak bagus, yaitu siswa dan guru menjadi lembek, tidak ada tantangan.

Polemik tentang Ujian Nasional memang tidak pernah ada akhirnya. Sejak jaman Presiden Bapak SBY sampai sekarang masih menjadi perbincangan hangat. Bahkan isu ini kerap masuk dalam debat pemilihan presiden dan wakil presiden.

Selalu ada yang pro dan kontra. Maka hendaknya semua pihak berlapang dada dan lebih memikirkan kepentingan anak-anak generasi bangsa, tidak sekedar mempertahankan argumen pribadi.

Dapat disimpulkan bahwa dalam setiap keputusan pasti ada dampak positif maupun negatifnya. Tidak akan semuanya setuju dengan perubahan yang dilakukan. Kita semua berharap apapun keputusan akhir mengenai Ujian Nasional ini akan menghasilkan generasi yang lebih maju, sukses, inovatif dan kreatif seperti Bapak Menteri Pendidikan, Mas Nadiem Makarim.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Tesis

Pandemi Virus Corona ternyata tidak hanya berkaitan dengan kematian saja. Di balik itu semua ada hikmah yang membawa dampat baik untuk umat manusia dan seluruh makhluk di bumi. Virus itu telah membuat kota-kota besar seperti Beijing, Vinesia, hingga Los Angeles memiliki langit biru dan air yang jernih tanpa polusi. Peningkatan kualitas langit udara dan air di dunia ini adalah dampak baik yang tak terduga dari pandemi virus COVID-19. Makluk kecil ini telah mampu menekan roda ekonomi dunia sampai hampir berhenti total ketika statusnya telah menjadi pandemi.

Argumentasi

Pabrik-pabrik berhenti beroprasi, mobil-mobil terparkir di garasi dan pesawat yang tidak diterbangkan menjadikan polusi udara menurun di beberapa kota belahan dunia. Salah satunya adalah Beijing, Ibu Kota China yang terkenal sangat polusi beracun hingga mencekik paru-paru, baru-baru ini menemukan kondisi yang jauh berbeda dari sebelumnya. Nampak pemandangan langit yang bersih dan cerah. Hal ini disebabkan karena pabrik-pabrik yang berada di kawasan itu berhenti produksi.

Badan Antariksa Eropa (ASA) juga menunjukkan gambar yang memperlihatkan berkurangnya kandungan nitrogen dioksida, yaitu sisa pembakaran bahan bakar fosil yang dapat mengganggu pernapasan. Gambar seperti itu tampak di seluruh kota besar benua itu, seperti Madrid, Roma hingga Paris Prancis saat mereka terkunci (lockdown) demi mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Fakta penurunan polusi yang tajam ini merupakan perkembangan positif untuk kehidupan manusia dan mahkluk bumi. Tidak banyak yang menyadari bahwa polusi juga menyumbangkan jutaan angka kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. Polusi udara misalnya menyebabkan penyakit kardiovaskular lebih parah dan timbulnya penyakit pernapasan lainnya.

Penegasan Ulang

Greenpeace, Organisasi Lingkungan Hidup Internasional menyatakan bahwa COVID-19 memang membawa dampak buruk bagi dunia ekonomi dan perdagangan. Tetapi justru membawa dampak positif untuk bumi, sebab industri tutup, mesin-mesin berhenti, polusi menurun tajam dan kualitas lingkungan hidup meningkat.

Hal itu turut membuktikan serta menyadarkan banyak pihak, bahwa kegiatan manusia dan ekonomi adalah penyebab utama polusi di bumi.

Demikianlah contoh teks eksposisi yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat.

Contoh Teks Eksposisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *