Pembahasan Lengkap Tentang Pengertian, Ciri, Syarat Dan Contoh Asimilasi

contoh asimilasi

Cukup banyak contoh asimilasi yang bisa dilihat pada kehidupan bermasyarakat misalnya makan dengan menggunakan garpu dan sendok. Kebiasan tersebut ditiru oleh para kaum elit Indonesia dari budaya masyarakat Eropa.

Hal ini membuat proses asimilasi tersebar lebih luas dan membuat semakin banyak orang saat ini makan dengan menggunakan sendok dan garpu.

Proses asimilasi ini bisa terjadi saat sesuatu hal dianggap memiliki unsur yang sama atau dianggap sebagai budaya yang baik untuk ditiru. Faktor pernikahan yang terjadi antara kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan berbeda juga menjadi faktor utama terciptanya kebiasaan atau budaya yang baru.

Pengertian Asimilasi

Asimilasi adalah kondisi yang membuat dua budaya saling berbaur dan akhirnya menghilangkan kebudayaan aslinya dan menciptakan kebudayaan yang baru. Asimilasi juga dianggap sebagai interaksi sosial yang dilakukan oleh dua budaya yang berbeda. Sebagai upaya untuk mengurangi perbedaan, akhirnya kedua budaya ini memilih untuk mementingkan tujuan bersama.

Jika dibahas dari struktur katanya, asimilasi berasal dari kata “assimilation” yang memiliki arti percampuran yang harmonis. Sehingga bisa didefinisikan bahwa proses asimilasi adalah proses penyesuaian sikap yang ada dilingkungan agar terbentuknya keteraturan pada lingkungan sosial atau budaya sehingga bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

Selain secara umum, beberapa ahli juga memiliki pendapat yang berbeda tentang pengertian dari asimilasi. Dari beberapa penjabaran tersebut Anda bisa lebih memahami makna yang terkandung dalam proses asimilasi. Untuk itu simaklah di bawah ini beberapa pengertian asimilasi menurut pada ahli.

Seymour Smith

Menurut Smith, asimilasi adalah tahapan dari proses perubahan budaya yang terjadi di lingkungan sosial. Perubahan ini dilatarbelakangi berdasarkan akulturasi sehingga mampu menciptakan budaya baru yang disepakati oleh masyarakat secara lebih luas. Perubahan budaya ini telah disepakati sehingga tidak akan terjadi konflik sosial antar masyarakat.

Koentjaraningrat

Asimilasi adalah perubahan proses sosial yang terjadi akibat interaksi yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dengan kebudayaan yang berbeda. Interaksi sosial tersebut mendorong masyarakat untuk membaur dan menciptakan kebiasaan baru untuk bisa menata keteraturan sosial agar semakin baik dan bersatu.

Vander Zanden

Asimilasi adalah interaksi sosial yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mulai berpikir untuk bisa saling mengerti dan memahami. Hal ini membuat mereka bisa berbaur dan mencoba untuk memahami identitas dan kebudayaan yang lain. Interaksi ini akhirnya menimbulkan kesepakatan untuk memiliki suatu identitas baru guna menjaga kesatuan sosial.

Garbarino

Istilah asimilasi digunakan untuk memberikan penjelasan tentang terjadinya penggabungan antara dua unsur kebudayaan berbeda yang terjadi di lingkungan sosial. Menurut Garbarino, asimilasi dijadikan sebagai simbol penggabungan keinginan dari kelompok masyarakat. Hal ini dianggap sebagai jalan tengah guna bisa menjaga persatuan sosial yang lebih baik.

James Danandjaja

Menurut James, asimilasi merupakan proses yang dilakukan untuk bisa melakukan penyesuaian antara kelompok yang memiliki budaya berbeda. Dimana nantinya ciri khas dan identitas budaya sendiri lambat laun akan menghilang dan berubah menjadi budaya baru yang diyakini lebih baik daripada yang sebelumnya.

Alvin L. Bertrand

Asimilasi didefinisikan sebagai peningkatan sosial lanjut yang timbul akibat adanya interaksi yang dilakukan secara langsung oleh golongan masyarakat dengan budaya berbeda yang menghasilkan kebudayaan baru. Proses pembauran ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama karena membutuhkan penyesuaian.

Ciri Asimilasi

Salah satu faktor utama terjadinya asimilasi adalah adanya interaksi sosial antar kelompok dengan budaya berbeda yang berlangsung secara terus menerus. Semakin berbaurnya kedua budaya, maka akan membuat individu bisa mampu saling memahami perbedaan budaya. Hal inilah yang memicu terjadinya asimilasi. Berikut beberapa ciri-ciri terjadinya asimilasi.

  1. Semakin tingginya nilai toleransi yang ada di lingkungan masyarakat karena upaya untuk menghilangkan perbedaan antara individu maupun kelompok terus dilakukan.
  2. Adanya kesadaran dari setiap individu untuk bisa menilai kebudayaan lain agar bisa mencapai kepentingan bersama dan mengubah kebiasaan agar terlihat lebih baik.
  3. Semakin eratnya hubungan dan nilai persatuan sebuah wilayah. Hal tersebut terjadi karena meskipun memiliki kebudayaan yang berbeda, namun semua orang berpikir untuk mencapai tujuan yang sama dan lebih mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan individu.
  4. Semakin intensnya interaksi yang dilakukan oleh kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan berbeda.

Syarat Asimilasi

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar proses asimilasi bisa terjadi. Pada dasarnya, proses asimilasi tidak terjadi begitu saja, namun terdapat faktor dan juga syarat yang bisa membuat proses asimilasi itu terjadi. Apa saja syarat terjadinya proses asimilasi, simaklah penjelasannya sebagai berikut.

  1. Perubahan yang terjadi pada sebuah kelompok masyarakat dinyatakan sebagai sebuah upaya untuk mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang berubah.
  2. Terjadinya interaksi sosial antara kelompok sosial maupun individu yang memiliki perbedaan kebudayaan secara terus menerus.
  3. Terdapat sejumlah kelompok masyarakat dengan kebudayaan yang berbeda namun menempati satu wilayah yang sama.

Contoh Asimilasi

Proses asimilasi banyak terjadi di lingkungan masyarakat yang ada di Indonesia. Mulai dari kebiasaan, budaya, sampai gaya hidup sebuah masyarakat juga mengalami proses asimilasi. Agar lebih memahami apa yang dimaksud dengan proses asimilasi, berikut akan diberikan beberapa contoh asimilasi yang ada di Indonesia.

Contoh Asimilasi Dalam Bidang Budaya

Percampuran budaya Betawi dan Tiongkok yang menghadirkan budaya baru seperti tari Lenong dan tari Cokek.

Contoh Asimilasi Dalam Bidang Bahasa

Penerapan bahasa Inggris dalam sarana komunikasi bermasyarakat sehari-hari. Seperti sorry, video dan lain sebagainya.

Contoh Asimilasi Dalam Bidang Seni Musik

Musik dangdut yang banyak disukai oleh masyarakat pada umumnya adalah perpaduan antara musik India dan budaya tradisional.

Contoh Asimilasi Dalam Bidang Pakaian

Baju koko dianggap sebagai pakaian umat muslim. Padahal sebelumnya baju koko dahulu digunakan sebagai pakaian khas masyarakat Tiongkok yang ada di Indonesia pada zaman dahulu.

Contoh Asimilasi Dalam Bidang Agama

Ditemukannya prasasti kuno yang membuktikan bahwa kebudayaan Hindu-Budha memiliki peranan tersendiri. Pada prasasti kuno huruf yang digunakan untuk menulis adalah huruf Sansekerta dan Pallawa.

Contoh Asimilasi Dalam Ritual Kepercayaan

Dalam bidang kepercayaan asimilasi juga terjadi pada kebudayaan Hindu-Budha yang menggunakan ritual sesajen. Namun setelah datang ilmu Islam, akhirnya kebiasaan tersebut melebur dan berubah menjadi sedekah. Mantra yang dahulu sering diucapkan, akhirnya diubah menjadi dzikir kepada Allah.

Contoh Asimilasi Dalam Bidang Seni Rupa

Tulisan kaligrafi yang berasal dari kebudayaan Arab saat ini menjadi salah satu kebudayaan Nusantara yang disukai banyak orang.

Contoh Asimilasi Dalam Bidang Pendidikan

Awalnya metode belajar di Indonesia diterapkan dengan cara yang cenderung mengandalkan otak kiri yaitu dengan menghafal. Sedangkan budaya barat menggunakan sistem belajar yang mengutamakan pola berpikir atau tingkat kreativitas seseorang untuk mampu memecahkan masalah. Perbedaan ini mendorong terjadinya proses asimilasi yang akhirnya mampu menciptakan metode pembelajaran yang jauh lebih efektif dengan cara menggabungkan kedua sistem tersebut.

Penjabaran di atas mampu memberikan informasi yang lebih jelas tentang bagaimana proses asimilasi dapat terjadi di lingkungan masyarakat. Dalam proses asimilasi tidak ada salahnya jika dua kebudayaan saling berbaur, namun munculnya kebudayaan baru harus tetap sesuai dengan norma-norma yang berlaku guna mencapai tujuan bersama yang lebih baik.

contoh asimilasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *